Cara melakukan debugging apps android menggunakan Wi-Fi

Setiap melakukan debugging apps android, saya biasanya menyambungkan device android menggunakan kabel usb. Keterbatasan panjang kabel menjadi salah satu kendala yang saya alami. Oleh karena itu, saya mencari cara lain yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan emulator Genymotion sebagai pengganti device android. Tapi, muncul masalah baru yaitu emulator membutuhkan ram dan cpu yang cukup banyak agar bisa bekerja secara optimal. Sedangkan sebagian besar ram dan cpu saya sudah digunakan oleh Android Studio. Setelah sekian lama, akhirnya saya menemukan salah satu artikel oleh Norman Peitek tentang bagaimana melakukan debugging apps android menggunakan Wi-Fi.

Disini saya menggunakan operating system ubuntu. Tapi jangan khawatir karena cara ini bisa berjalan di berbagai OS. Yang kamu butuhkan adalah kabel usb (untuk pemasangan awal) dan komputermu harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama dengan device androidmu.

Cara nya adalah berikut :

  1. Sambungkan android device mu ke komputer menggunakan usb cable. Kamu bisa memeriksa apakah device mu terhubung atau tidak menggunakan command berikut

    adb devices

    Screenshot from 2017-07-14 10-33-21

  2. Jalankan command di bawah untuk mengubah portnya

    adb tcpip 5555

    Screenshot from 2017-07-14 10-37-12

  3. Putuskan sambungan android devicemu lalu pastikan bahwa android devicemu sudah terhubung dengan Wi-Fi yang sama dengan komputermu. Kemudian buka dan masuk ke Settings -> About phone -> Status untuk melihat IP addressnya.Screenshot_2017-07-14-10-46-13
  4. Jalankan command di bawah tanpa menggunakan tanda kurung

    adb connect (ipaddress):5555

    Screenshot from 2017-07-14 10-46-32

Sekarang kamu bisa melakukan debugging apps android menggunakan Wi-Fi!

Apakah langkah-langkah di atas harus selalu diulangi setiap ingin melakukan debugging?

Apa yang harus saya lakukan apabila saya pindah ke tempat kerja yang lain dan mengganti jaringan Wi-Finya? Kamu tidak harus mengulang langkah 1 sampai 2 karena tujuan dari langkah itu adalah untuk mengubah konfigurasi devicemu menjadi Wi-Fi mode debug. Kamu bisa menghubungkan device android mu lagi dengan melakukan langkah 3 – 4.

Sayangnya, device android akan kehilangan konfigurasi Wi-Fi mode debug ketika direstart atau dimatikan sehingga langkah-langkah di atas harus dilakukan ulang.

Semoga bermanfaat, selamat bercoding ria 😀

Gambar thumbnail diambil dari http://android.suvenconsultants.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: